fbpx

Tips Memilih Universitas

Buat siswa-siswi kelas XII pasti pertanyaan “mau kuliah dimana?” “mau ambil jurusan apa?” sudah banyak keluar masuk telinga kalian. Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah dan sepele loh, banyak faktor yang harus dipertimbangkan mulai dari akreditasi perguruan tinggi, tingkat kesulitan, jumlah kursi yang tersedia dan masih banyak yang lainnya. Memilih jurusan dan perguruan tinggi secara tergesa-gesa bisa berakibat fatal loh mulai dari merasa tidak cocok bahkan sampai dropout.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih perguruan tinggi ya :

1. Sesuaikan dengan bakat, minat, dan cita-cita
Kalau kalian sudah memiliki cita-cita tertentu pertimbangkanlah jurusan apa yang dapat membawa kalian untuk menggapai cita-cita tersebut, jangan memilih teknik sipil kalau kalian mau menjadi dokter atau jangan memilih biologi kalau kalian mau menjadi ahli bahasa. Apabila kamu kuliah sesuai dengan minat maka akan menjadikan proses kuliah jauh menjadi lebih nyama dan membuat kamu menjadi lebih bergairah dalam belajar.

2. Perhatikan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Jurusannya
Banyak siswa siswa hanya mementingkan gengsi atau ikut-ikutan teman saja dalam memilih pergururan tinggi padahal ada akreditas perguruan tinggi dan jurusan yang kamu pilih dimana akreditasi menggambarkan kelayakan dari perguruan tinggi itu loh, contohnya jurusan C di kampus D memiliki nilai akreditasi A (sangat baik) artinya kamu bisa memperoleh lebih banyak hal mulai dari fasilitas yang lebih memadai, kelengkapan pembelajaran dan lain-lain. Status akreditasi sendiri dikeluarkan oleh BAN-PT loh guys, buat kamu yang penasaran sama akreditasi jurusan yang jadi inceran kamu bisa langsung buka webnya BAN-PT ya.

3. Pertimbangkan Lokasi dan Biaya
Bagi siswa siswi dari keluarga yang memiliki ekonomi yang mapan, memilih jurusan dan tempat kuliah di mana pun biasanya bukanlah suatu masalah. Namun, bagi golongan menengah atau kurang, lokasi dan biaya merupakan masalah yang harus diperitmbangkan. Jika dana yang ada terbatas, pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau di luar kota namun yang biaya hidupnya yang rendah. Jangan lupa memilih perguruan tinggi dengan biaya pendidikan yang tidak terlalu tinggi. Siswa siswi juga bisa mencari tambahan untuk biaya kuliah, misalnya mencari beasiswa, bekerja paruh waktu namun jangan sampai mengganggu proses pendidikan selama kuliah. Jangan menjadikan keterbatasan dana sebagai alasan untuk tidak melanjutkan kuliah

By | 2018-08-04T07:43:16+00:00 June 30th, 2018|ARTIKEL|